Thursday, January 1, 2009

Resensi Buku : Jangan Mau Jadi Penyiar Standart


Resensi Buku

Judul Buku : Jangan Mau Jadi Penyiar Standart

Penulis : Nina Muzbar

Tebal Halaman : 36 halaman

Penerbit : (Pribadi)

Cetakan : Kesatu


Jangan Mau Jadi Penyiar Standart !

Penyiar adalah ujung tombak sebuah radio. Sebuah program acara radio yang bagus tidak lepas dari cara penyiarnya membawakan acara tersebut. Radio tanpa penyiar ibarat sayur tanpa garam. Menjadi seorang penyiar yang handal tidak semudah yang dibayangkan. Modal ’cerewet’ saja tidak cukup. Menjadi penyiar yang handal memerlukan latihan dan usaha yang keras. Buku ”JANGAN MAU JADI PENYIAR STANDART” ini sangat penting bagi seseorang yang ingin menjadi seorang penyiar yang handal dan tidak standart atau biasa-biasa saja.

Dalam buku ini terdapat menu-menu latihan untuk menjadi seorang penyiar. Mulai dari olah voka, teknik pernafasan, cara membaca yang baik dan benar, teknik humming, intonasi, artikulasi dan masih banyak lagi. Untuk dapat dicintai para pendengarnya, seorang penyiar harus mampu bersikap ramah. Dalam buku ini penyiar harus menjadi sahabat bagi pendengar. Penyiar juga seorang selebritis di radio. Lewat suara, seorang penyiar yang enak didengar akan mendapatkan tempat khusus di hati para penggemarnya. Tentunya tidak hanya modal suara yang bagus saja. Tetapi seorang penyiar juga harus mempunyai ”Air Personality”. Jangan ragu dan takut jika merasa suara anda jelek dan tidak enak didengar. Kemampuan berbicara yang baik dan benar serta suara bagus dan enak didengar bisa diraih dengan usaha yang maksimal. Penyiar adalah seorang entertainer! No matter what you problem, seorang penyiar radio harus bisa tampil fresh ditelinga pendengarnya dalam kondisi apapun.

Jika anda sedang bersiaran, giringlah pendengar anda untuk masuk ke dalam frame yang sedang anda bicarakan. Ciptakanlah ’Theater of Mind’ bagi pendengar. Bagi seorang penyiar handal hukumnya ’Wajib’ memiliki kemampuan menulis bebagai macam materi siar seperti untuk Special Program, Daily Program, Spot Promo, Radio Script dan lain-lain. Dalam benak pendengar, seorang penyiar adalah seorang yang sempurna. Seorang yang hebat dan pintar berbicara. Banyak orang yang ingin menjadi seorang penyiar dan banyak juga orang yang tergila-gila dengan seorang penyiar.

Buku Jangan Mau Jadi Penyiar Standart (JMJPS) karya Nina Muzbar ini sangat bagus. Menginspirasi banyak orang untuk melatih kemampuan berbicara. Materi yang ada dalam buku ini ditulis dengan bahasa yang simpel dan tidak rumit sehingga mudah untuk dimengerti. Tidak hanya untuk seorang penyiar, buku ini juga berguna bagi yang bergelut di bidang Public Speaking untuk terus melatih kemampuan berbicara. Cover buku ini juga sangat berwarna, melambangkan keceriaan. Namun sayang, buku ini tidak diperjual-belikan. Hanya dicetak 100 buku saja dan diterbitkan secara pribadi oleh penulis.

Buku Jangan Mau Jadi Penyiar Standart ini saya dapatkan langsung dari penulisnya. Saya termasuk orang yang beruntung mendapatkan buku ini. Sang penuls Nina Eva Noviena atau akrab disapa Nina Muzbar adalah mantan seorang CJ atau Commercial Jockey di Jakarta dan tergabung dalam ICJ (Indonesian Commercial Jockey). Disana penulis menjadi mentor dan sekaligus CJ. Nina Muzbar mengawali karirnya di bidang Brodcasting adalah menjadi seorang penyiar radio di Kota Padang, Sumatera Barat. Perempuan yang akrab disapa Bunda atau Uni ini pernah menjadi Cover Model sebuah majalah Wanita di Jakarta dan juga menjadi model. Sampai saat ini Nina Muzbar masih bersiaran di sebuah radio swasta di kota Padang. Buku ini ditulisnya karena seorang Nina Muzbar peduli dengan broadcasting di Indonesia khususnya para seniman suara.

"Wahid Arbi Sasmito"

www.masarbi.blogspot.com